Jumat, 11 November 2011

Selayang Pandang SMP Negeri 33 Bandung "Sekolahku Membaca"

               PROGRAM SEKOLAHKU MEMBACA
               Oleh : Ludi Kurniawan, S.Pd
  
1. Pendahuluan
Sekolahku Membaca merupakan program hasil inovasi yang dikembangkan oleh SMP Negeri 33 Bandung dibawah pimpinan kepala sekolah ibu Hj. Elia Suganda, M.Pd untuk membudayakan siswa selalu membaca buku, artikel dan ayat suci al qur’an.  Dengan kegiatan membaca setiap hari diharapkan siswa akan menambah wawasan dan ilmu  yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta mempunyai kepribadian atau karakter gemar membaca.
               Kegiatan membaca dilaksanakan  setiap hari Senin sampai dengan  Jum’at mulai pukul 06.45 sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan membaca ayat suci al qur’an, asmaul husna, artikel dan doa belajar.  Program "Sekolah Membaca" Launching pada tanggal 2 Agustus 2010 diresmikan oleh Kepala Disdik Kota Bandung Drs H. Oji Mahroji  dihadiri oleh Kabid PSMP Drs H. Dede Amar, M.M.Pd, Kepala SMP  se Kota Bandung baik sekolah negeri dan swasta serta para tamu   undangan. Pelaksanaan program Sekolahku Membaca dimulai dengan pra program meliputi :
·         Menggulirkan wacana Sekolahku Membaca oleh Kepala Sekolah,yang sangat peduli pada keinginannya memasyarakatkan membaca
·         Pembentukan kepanitiaan program dari semua civitas SMPN 33 yang dikordinasikan oleh koordinator perpustakaan
·         Pencanangan waktu kerja ( Time Schedule )
·         Pencarian data dan informasi melalui Tekhnologi Informasi yang dimiliki oleh sekolah
·         Penetapan wahana ,disetiap lorong sekolah
·  Pencarian kerjasama dengan pihak luar sekolah,yaitu dengan aparat pemerintah setempat,dan instansi terkait dengan pengadaan buku atau bahan baca
·        Peresmian,dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Dinas Kota Bandung yang dihadiri oleh kepala SMP se Kota Bandung
 Program Sekolahku Membaca dipersiapkan oleh tim dari wacana sampai dengan peresmian dan pelaksanaan pertama selama empat bulan lebih dengan system kerja pembagian kerja dan dilaksanakan dengan estafet melibatkan pula seluruh civitas SMPN 33 Bandung.
Pelaksanaan Program Sekolahku Membaca menjadi perhatian yang serius dari lingkungan sekitar terlebih para pejabat pemerintahan terkait,diantaranya adalah dengan membuka akses dalam pengadaan sumber baca dan mempermudah perijinan dalam pelaksanaan ataupun dalam peresmian program.
Ada harapan yang tersampaikan ,yaitu turut sertanya masyarakat sekitar dalam pelaksanaan program, namun dikarenakan beberapa hal belum dapat direalisasikan. Pada dasarnya masyarakat sekitar sangat mendukung dengan program tersebut.
2.     Landasan
2.1   Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.2   Undang-Undang RI  Nomor 14 Tahun 2003, tentang Guru dan Dosen;
2.3   Peraturan Mendiknas RI Nomor 23 Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
2.4   Rapat Dinas Guru SMP Negeri 33 Bandung tanggal 2 Desember  2009 tentang program sekolahku membaca
2.5   Program  SMP Negeri 33 Bandung
3.    Tujuan
Tujuan Program Sekolahku Membaca adalah agar siswa, guru dan karyawan TU SMP Negeri 33 memiliki wawasan pengetahuan dan informasi yang berkembang melalui membaca buku dan artikel. 
4.    Sasaran dan Ruang Lingkup
4.1  Sasaran
Sasaran program “Sekolahku Membaca”  siswa, guru dan karyawan TU SMP Negeri 33 Kota Bandung.
4.2 Ruang lingkup 
Program kegiatan “Sekolahku Membaca” meliputi ; Membaca Al Qur’an, Membaca Asmal Husna dan Membaca Buku Pengetahuan dan Artikel.
5.     Struktur Organisasi
Susunan Program “Sekolahku Membaca”  SMP Negeri 33 Bandung meliputi :
Penanggung Jawab         : Kelapa Sekolah
                                              Hj. Elia Suganda, S.Pd
Kordinator Program           : Dra Dewi Rikma Pramanik
Sekretaris                            : Ludi Kurniawan, S.Pd
Penata kehumasan            : Ridwan Nurpalah, S.Pd
Penata Program                 : Soni Romansyah
Penata Kearsipan dan
Peralatan                            : Edi Siswanto, S.Pd
6.  Tugas Pokok (Tupoksi)
6.1 Kordinator Program
Mengkoordinir dan mengevaluasi seluruh kegiatan mulai dari tahap persiapan pelasakanaan sampai dengan pelaksanaan program.
6.2 Sekretaris
Menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan surat menyurat, baik berupa pemberitahuan dan permohonan buku-buku dan artikel untuk keperluan program Sekolahku Membaca.
2.3 Penata Kehumasan
                 a. Mempromosikan dan mempublikasikan program sekolahku membaca.
              b. Mensosialisasikan program Sekolahku Membaca kepada siswa, guru dan karyawan TU SMP Negeri 33 Bandung.
6.4 Penata Program
Menyiapkan materi-materi bacaan untuk siswa, guru dan karyawan TU serta penataan artikel dinding ditiap sudut sekolah.
6.5 Penata Kearsipan dan Peralatan
Menginventaris artikel-artikel dan buku bacaan untuk guru dan karyawan TU serta mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sekolahku membaca.
7.    Program “Sekolahku Membaca”
Mengingat keterbatasan alokasi waktu dalam kegiatan belajar mengajar, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan digunakan strategi program yang menekankan pada pembiasaan kepada siswa, guru dan karyawan TU untuk terbiasa dalam membaca baik Al Qur’an, artikel dan buku ilmu pengetahuan baik fiksi dan non fiksi sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung.   Secara rinci strategi yang dimaksud meliputi :
7.1  Metode/Teknik Membaca
Metode/teknik yang digunakan adalah metode yang dapat mengkondisikan seluruh siswa, guru dan karyawan TU untuk terlibat aktif dalam membaca, baik membaca Al Qur’an Asmaul Husna dan artikel serta buku fiksi dan non fiksi
7.2  Media Membaca
Media membaca yang digunakan meliputi artikel, buku fiksi dan non fiksi serta wahana membaca yang terdiri wahana bahasa dan religi, wahana iptek dan wahana olahraga dan kesehatan. Ditiap wahana  dilengkapi dengan  artikel dinding sesuai dengan tema wahana tersebut.
2.3  Alokasi Waktu Membaca
Waktu membaca dialokasikan dengan proporsi 10 menit untuk membaca Al Qur’an, Asmaul Husna dan Artikel serta buku fiksi dan non fiksi selama 5 hari dari hari Senin s.d Jum’at.

8.    Penutup
Dengan pelaksanakan program “Sekolahku Membaca”  di SMP Negeri 33 Bandung diharapkan para siswa, guru dan karyawan TU dapat terbiasa untuk membiasakan diri setiap hari membaca Al Qur’an, Asmaul Husna dan membaca artikel buku iptek baik fiksi dan non fisik.
Program “Sekolahku Membaca” di SMP Negeri 33 Bandung dapat berjalan dengan baik kalau ada kerja sama yang baik dari siswa, guru dan karyawan TU dalam program tersebut.  Tanpa dukungan siswa, guru dan karyawan TU maka program “Sekolahku Membaca” hanyalah sebuah nama tanpa menghasilkan suatu hasil yang maksimal.
Untuk itu dukungan dan peran serta seluruh warga SMP Negeri 33 Bandung sangat diharapkan dalam rangka menghasilkan siswa yang berkualitas dan religius

8 komentar:

  1. Ini cerita yang bagus bagi siswa-siswi yang mau tahu bagaimana dunia belajar itu.
    Pa ini Muhamad Nur Fadhilah lewat akun google ayah aku pa.boleh kan pake akun yang ayah aku

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ini cerita yang bagus, dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas.

    BalasHapus
  4. sekolah membaca program yang bagus terus dilajutkan

    BalasHapus
  5. Sarah ayu w
    IX-G

    Menurut saya artikel ini memberi banyak manfaat kepada para pembacanya, artikel ini memberiakn motivasi untuk rajin membaca dan memberiksn berbagai informasi menarik mengenai manfaat dan pentingnya membaca kepada para pembaca artikel ini, juga memberikan inovasi baru lewat program sekolahku membaca ini.

    BalasHapus
  6. Sheila Kania N
    IX-F

    Menurut pendapat saya, artikel ini memiliki banyak manfaat untuk pembacanya, khusunya diwilayah SMP negeri 33 Bandung.Artikel ini dapat memberikan sesuatu yg baru untuk pembacanya.

    BalasHapus
  7. - Berapa lamakah program ini akan berlangsung?
    - Akankah program ini akan tergantikan dengan program-program yanglain??
    - Adakah yang bisa diperbuat untuk lebih memajukan program ini sehingga menjadi contoh salah satu program sekolah didunia yang berkualitas?


    by : Monica Arviana
    Kls : IX - G

    BalasHapus